headline photo

10 Tanda Kecanduan Facebook

8 Feb 2010

VIVAnews - Situs jejaring sosial Facebook memiliki 150 juta member yang terdaftar dari seluruh dunia. Pengguna memanfaatkan Facebook untuk mengirim email, pesan singkat, berbagi foto, dan aktivitas sosial lainnya.

Jika Anda ingin mencari teman-teman sekolah Anda yang sudah hilang kontak sejak 10 tahun terakhir? Dengan adanya Facebook, problem itu bisa ditanggulangi. Berhubung Anda bisa melihat daftar teman-teman pengguna Facebook yang sudah terhubug dengan Anda, maka Anda bisa melakukan pencarian dengan mudah.

Dengan Facebook, Anda juga bisa mengetahui apa yang disukai teman-teman Anda. Foto-foto, komentar, ataupun informasi detil kawan-kawan Anda lainnya juga bisa dilihat. Anda punya bisnis baru? Buat saja grup di Facebook lalu ajak rekan-rekan Anda bergabung untuk mendapatkan informasi ter-update mengenai bisnis Anda.

Tetapi jangan salah, di belakang semua itu ada pula efek buruk dari Facebook. Mulai dari yang sederhana sampai yang berbahaya. Misalnya adalah nyeri pada pergelangan tangan karena terlalu sering di posisi memegang mouse dan keyboard, mata perih karena terlalu banyak melihat layar monitor, nyeri pada punggung atau bahu karena terlalu lama ada di posisi duduk, dan lain-lain.

Selain pengaruh buruk pada tubuh, Facebook juga banyak menghabiskan waktu penggunanya. Waktu bekerja, waktu istirahat, dan waktu di mana pengguna seharusnya bisa melakukan aktivitas lainnya secara offline. Berikut ini 10 tanda-tanda seseorang sudah kecanduan Facebook yang VIVAnews kutip dari Huffingtonpost.com, 16 Februari 2009.

• Facebook dijadikan homepage browser internet di komputer Anda.

• Anda mengubah status lebih dari dua kali dalam sehari dan rajin mengomentari perubahan status teman.

• Daftar teman Anda sudah melebihi angka 500 orang, padahal setengahnya hampir tidak Anda kenal.

• Jika Anda tidak di dekat komputer, Anda masuk ke Facebook melalui perangkat genggam.

• Anda mengklik profil orang lain lebih dari satu kali sehari meski ia tidak mengirim pesan atau memberi tag pada foto, melakukan drag and drop lebih dari 3 foto di Facebook yang bukan ada di profil Anda, atau bahkan pergi ke tempat yang disebutkan oleh seseorang dengan harapan bertemu dengan orang tersebut secara fisik.

• Anda mengubah gambar profil Anda lebih sering dibanding anak berusia 12 tahun.

• Anda membuka-buka Facebook sambil membaca artikel ini.

• Anda membersihkan “wall” Anda agar terlihat tidak sering menghabiskan waktu di Facebook.

• Anda menjadi anggota lebih dari 10 group dan merespon setiap undangan dengan “attending” meski Anda tidak berangkat ke acara yang bersangkutan.

• Anda mengubah-ubah status hubungan Anda hanya demi menarik perhatian orang lain.


Sumber: VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar